Langsung ke konten utama

Peringatan Hari Asyuro 1440 H

Mabar, 20 September 2018, bertempat di ruang kelas Madrasah Al-Ihsan diselenggarakan acara peringatan Hari Asyuro 10 Muharram 1440 H. Acara dihadiri oleh para siswa, Guru-guru dan Orang tua/wali siswa RA dan MIS Al-Ihsan. Bertindak sebagai Pembawa Acara, Bapak Muhammad Khaidir Nasution, S.Pd, Guru Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Ihsan. Setelah dibuka, acara dilanjutkan dengan pembacaan Ayat suci Al-Qur'an yang dibacakan oleh : Reva Felicia dan saritilawah oleh Dewi, keduanya merupakan siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Ihsan.

Usai mendengarkan lantunan ayat-ayat suci Al-Qur'an, hadirin disuguhkan dengan penampilan siswa-siswi Madrasah Al-Ihsan yang membawakan instrument lagu Assalamu'alaikum dengan alat musik tiup Pianika. Selain itu para siswa juga menampilkan nyanyian lagu-lagu religi. Selanjutnya, Ketua Yayasan Perguruan Al-Ihsan memberikan sambutan. Dalam sambutannya Hj. Suryati Amri, selaku Ketua Yayasan Perguruan Al-Ihsan mengatakan bahwa Madrasah Al-Ihsan didirikan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan Islam di Mabar. Selain itu beliau juga berpesan, agar para orang tua, guru-guru dan siswa sendiri turut serta mengambil peran dalam menegakkan nilai-nilai luhur ajaran Islam.

Memasuki acara puncak, diisi dengan tausiyah dari Pimpinan Madrasah Al-Ihsan, Bapak H. Muhammad Ihsan, S.Si, S.Pd. Beliau mengingatkan para hadirin akan pentingnya makna Asyuro, dan tiga macam Hijrah yang patut kita amalkan, antara lain :
  1. Hijrotul Mutadarrisin, Hijrahnya para pelajar.
  2. Hijrotul Mudarrisin, Hijrahnya para pengajar, dan yang terakhir
  3. Hijrotul Walidain, Hijrahnya para orangtua/wali.
Jika seluruh civitas akademika di Madrasah Al-Ihsan mengamalkan tiga Hijrah tersebut maka akan terbentuk Lembaga Pendidikan Islam yang Madani. Sehingga cita-cita para orangtua/wali mensekolahkan anak-anaknya di Al-Ihsan akan tercapai.


Acara dilanjutkan dengan Penyerahan bantuan dana & sembako bagi para anak yatim di kalangan para siswa dan juga masyarakat kurang mampu sekitar madrasah. (HMI)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mufrodat fil-madrasati

Kosakata Bahasa Arab

Mufrodat "Anwa'ul Hayawanaat"

Kosakata Bahasa Arab dalam bentuk gambar. انواع الحيوانات Macam-Macam Hewan

Belajar Tajwid

Mari kita belajar tajwid dengan gambar-gambar berikut ini.