Langsung ke konten utama

Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1439 H

Ramadhan tahun ini 1439 H menurut Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia berdasarkan sidang Itsbat pada hari Rabu, 16 Mei 2018 dimana posisi Hilal belum terlihat, sehingga dengan menggenapkan Bulan Sya'ban sejumlah 30 hari, maka disepakati bahwa awal Ramadhan 1439 H jatuh pada hari Kamis, 17 Mei 2018.
Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1439 H
Dalam rangka menyambut Bulan suci Ramadhan tahun ini, Yayasan Perguruan Al-Ihsan membagikan Jadwal Imsakiyah ke masjid-masjid, para orangtua/wali murid dan masyarakat sekitar. Selama Bulan Suci Ramadhan, guru-guru dan siswa-siswi Madrasah Al-Ihsan menyelenggarakan kegiatan Tadarrus Pagi, dengan target mengkhatamkan Al-Qur'an pada Bulan Suci Ramadhan ini. Selain itu juga ada latihan praktik Ibadah, seperti tahsin qiro'ah, praktek Sholat dan taushiyah singkat. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 08.00 s/d 11.00 wib, di ruang belajar Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Al-Ihsan. Diikuti oleh guru-guru dan siswa-siswi RA dan MIS Al-Ihsan. Hal ini telah berlangsung sejak awal berdiri dan sudah menjadi tradisi Madrasah Al-Ihsan untuk mengisi Bulan Suci Ramadhan dengan kegiatan Tadarrus dan Pesantren Kilat Ramadhan (PKR). Program ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan kecintaan siswa-siswi pada Al-Qur'an dan membiasakan mereka mengisi Bulan Suci Ramadhan dengan hal-hal positif sehingga mereka dapat menjalakan ibadah puasa dengan nyaman dan bermanfaat.
Sudah bukan rahasia umum lagi, bahwa pada bulan Ramadhan, anak-anak seusia mereka banyak yang bermain petasan, nongkrong-nongkrong di pinggir jalan bahkan na'udzubillah tidak sedikit yang berpacaran selama Bulan yang suci ini. Oleh karena itulah Madrasah Al-Ihsan berinisiasi menyelenggarakan kegiatan Tadarrus dan Pesantren Kilat Ramadhan setiap tahunnya. red-HMI.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mufrodat fil-madrasati

Kosakata Bahasa Arab

Mufrodat "Anwa'ul Hayawanaat"

Kosakata Bahasa Arab dalam bentuk gambar. انواع الحيوانات Macam-Macam Hewan

Belajar Tajwid

Mari kita belajar tajwid dengan gambar-gambar berikut ini.