Langsung ke konten utama

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Guru Nasional Tahun 2018

      Minggu, 25 November 2018, bertempat di ruang kelas MIS Al-Ihsan Jl. Mangaan VI Gg. Prayitno Mabar, Yayasan Perguruan Al-Ihsan menyelenggarakan kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Perayaan Hari Guru Nasional ke-73 Tahun 2018. Acara ini merupakan puncak rangkaian kegiatan dalam rangka Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Guru Nasional ke-73 yang dilaksanakan mulai hari Jum'at, 23 November 2018. Acara berlangsung dari pukul 09.00 s/d 12.30 wib. Dihadiri oleh para siswa, guru-guru dan orang tua/wali dari siswa-siswi RA dan MIS Al-Ihsan. Turut menghadiri acara Bapak Budi Dharma, SH, Seorang Tokoh Masyarakat yang peduli terhadap dunia pendidikan, dan juga Al-Ustadz Sadzali Rais, MA, Dosen UIN-SU Medan.

Kepala MIS Al-Ihsan memberikan Sambutan

Ketua Yayasan Perguruan Al-Ihsan memberikan sambutan
        Dalam sambutannya, Kepala Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Ihsan, H. Muhammad Ihsan menyampaikan bahwa MIS Al-Ihsan merupakan Madrasah Ibtidaiyah pertama dan hingga saat ini satu-satunya Madrasah Ibtidaiyah yang berada di kelurahan Mabar. Oleh karena itu, siswa-siswi Madrasah Al-Ihsan harus belajar dengan tekun dan bersungguh-sungguh agar menjadi generasi penerus yang sholeh, cerdas dan mempunyai daya saing. Pendiri sekaligus Ketua Dewan Pembina Yayasan Perguruan Al-Ihsan, Hj. Suryati Amri menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada para orang tua yang sudah mempercayakan putra-putrinya untuk dididik dan dibina di Madrasah Al-Ihsan. Beliau juga menceritakan bagaimana beratnya perjuangan beliau mendirikan Lembaga Pendidikan Islam di Mabar untuk pertama kalinya. Sedangkan Bapak Budi Dharma, SH dalam sambutannya juga memperingatkan seluruh siswa akan bahaya Narkoba. Beliau juga berpesan agar para siswa belajar dengan tekun agar kelak dapat menjadi pembela kebenaran mulai dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat.

      Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan Pandangan Umum Maulid Nabi Muhammad SAW sekaligus Peringatan Hari Guru Nasional ke-73 oleh Al-Ustadz Sazali Rais, MA. Dalam ceramahnya beliau menyampaikan, agar siswa-siswi Madrasah meniru keteladanan dan sifat-sifat Rasulullah Muhammad SAW dalam menuntut ilmu. Agar kelak menjadi generasi muda Islam yang cerdas, bertaqwa dan bertanggung jawab. Beliau juga berpesan, ada 6 (enam) perkara yang harus dimiliki oleh orang yang menuntut ilmu, yaitu : 1. Kecerdasan, 2. Ketamakan (dalam menuntut ilmu), 3. Kesungguhan, 4. Biaya (dalam menuntut ilmu), 5. Berbuat baik terhadap para guru dan 6. Waktu yang cukup.
      Acara dilanjutkan dengan Pemotongan Kue Peringatan Hari Guru Nasional ke-73 dan Saling Tukar Hadiah antar Guru Madrasah Al-Ihsan. Selanjutnya acara terakhir adalah pengumuman hasil dan pembagian hadiah dari perlombaan yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari berturut-turut, Jum'at, 23 November 2018 dan Sabtu, 24 November 2018 di Madrasah Al-Ihsan. Terdapat 8 (delapan) kategori perlombaan yang diperlombakan :
  1. Lomba Adzan Tingkat siswa MI
  2. Lomba Adzan Tingkat siswa RA
  3. Lomba Pidato Tingkat kelas IV-VI MI
  4. Lomba Pidato Tingkat kelas I-III MI
  5. Lomba Melipat Pakaian tingkat siswa kelas I-III MI
  6. Lomba Melipat Pakaian tingkat siswa RA
  7. Lomba Masak Antar siswa kelas IV-VI MI
  8. Lomba Tahfidzh Al-Qur'an antar Guru MI
Demikianlah Kegiatan ini berlangsung dengan meriah, walaupun dilaksanakan dengan sangat sederhana namun dapat memberikan kesan teristimewa bagi para Guru khususnya di ruang lingkup Madrasah Al-Ihsan. Selamat Hari Guru Nasional ke-73. Jayalah Pendidikan Indonesia !!! (H.M.I-red)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mufrodat fil-madrasati

Kosakata Bahasa Arab

Mufrodat "Anwa'ul Hayawanaat"

Kosakata Bahasa Arab dalam bentuk gambar. انواع الحيوانات Macam-Macam Hewan

Belajar Tajwid

Mari kita belajar tajwid dengan gambar-gambar berikut ini.